Catgut - Benang Bedah

Catgut
Tujuan penggunaan
Menjahit jaringan lunak tubuh.

Deskripsi/prinsip pengoperasian
Adalah benang bedah dari usus hewan, baik yang plain maupun chromic, yang dapat diserap, steril, fleksibel yang berasal dari lapisan jaringan penghubung serosa usus sapi atau jaringan fibrous submucosa usus domba, penggunaannya untuk menjahit jaringan lunak.

Nama dagang
Catgut Plain 3/0 + Jarum Sinopharm.
Catgut Plain 2/0 + Jarum Sinopharm.
Chromic Catgut 2/0 + Jarum Sinopharm.
Chromic Catgut 3/0 + Jarum Sinopharm.
Benang Bedah Silk 3/0 (Suture) OneMed.
Benang Hecting Chromic Catgut 3/0 + Jarum OneMed.
Catgut Chromic 3/0 OneMed (Tanpa Jarum).
Catgut Plain 3/0 Tanpa Jarum OneMed.
Benang Bedah Silk 2/0 OneMed Tanpa Jarum.
Benang Bedah Catgut Plain 2/0 OneMed.

Plain, artinya benang dapat terserap secara sempurna oleh jaringan sehingga tidak harus dibuka/dibuang jika luka sudah sembuh.
Chromic, artinya benang dapat terserap secara sempurna oleh jaringan sehingga tidak harus dibuka / dibuang jika luka sudah sembuh.
Silk, artinya benang tidak akan terserap oleh jaringan sehingga harus dibuka / dibuang jika luka sudah sembuh.

Ukuran 3/0 artinya ukuran benangya cukup besar, digunakan untuk sebagian besar tindakan hecting dan bedah minor terutama luka pada bagian tubuh yang tidak terlihat seperti khitanan, menjahit robekan perineum bagi ibu setelah melahirkan.
Ukuran 2/0 artinya ukuran benangnya cukup besar, digunakan untuk sebagian besar tindakan hecting dan bedah minor terutama luka pada bagian tubuh yang tidak terlihat seperti khitanan, menjahit robekan perineum bagi ibu setelah melahirkan.

Perbedaan chromic catgut dengan plain catgut
Benang bedah chromic catgut dengan plain catgut sama sama jenis yang dapat terserap oleh jaringan. perbedaannya chromic ditambahkan sejenis garam chromium yang menyebabkan benang menjadi lebih kuat dan tidak mudah putus, namun hal ini akan berakibat benang lebih lama terserap oleh jaringan.
Jadi perbedaan utamanya adalah pada kekuatan benang dan jangka waktu terserap oleh jaringan. Chromic lebih kuat namun terserap lebih lama sedangkan plain lebih rapuh namun lebih cepat terserap.

» Thanks for reading Catgut - Benang Bedah

0 Response to "Catgut - Benang Bedah"

Post a Comment